Dosen FTP Universitas Nani Bili Nusantara, PKM Tentang Reboisasi Hutan Mangrove.

Sorong, 18 Maret 2023 – Hutan mangrove memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan keanekaragaman hayati. Dalam ekosistem mangrove, terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang hanya dapat hidup dan berkembang biak di lingkungan tersebut. Hutan mangrove juga memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dari udara, sehingga sangat penting dalam upaya mitigasi perubahan iklim.

Selain itu, hutan mangrove juga dapat membantu menjaga kualitas air dengan menangkap sedimen dan memperbaiki kualitas air yang tercemar, serta memperkuat pertahanan pantai dengan mengurangi dampak abrasi dan badai. Oleh karena itu, kerusakan hutan mangrove dapat berdampak serius pada lingkungan dan kehidupan masyarakat sekitar.

Namun, hutan mangrove seringkali mengalami kerusakan akibat aktivitas manusia seperti penebangan kayu, pembuangan limbah, dan pembangunan infrastruktur. Hal ini menunjukkan pentingnya upaya pelestarian dan pengelolaan hutan mangrove yang berkelanjutan, yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat, pemerintah, serta berbagai pihak terkait lainnya. Upaya ini diharapkan dapat memastikan keberlangsungan ekosistem dan pemanfaatan yang bijaksana bagi masyarakat sekitar, serta menjaga keseimbangan lingkungan dan keanekaragaman hayati yang penting bagi kehidupan kita semua.

Hutan Mangrove Maibo Pantai

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan sebagai wujud kepedulian dan partisipasi dari para akademisi dan mahasiswa untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat Kampung Maibo Pantai. Dalam pelaksanaannya, PKM ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan manfaat yang berguna bagi kehidupan masyarakat di kampung tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, PKM dilaksanakan dengan memberikan materi-materi yang berasal dari empat Program Studi, yaitu Agribisnis, Agroteknologi, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil. Materi-materi yang diberikan antara lain berupa pengelolaan lingkungan mangrove berbasis masyarakat sebagai dasar ketahanan ekonomi, teknologi pengelolaan lahan rawa untuk menghasilkan tanaman produktif bagi keluarga, perawatan dan perbaikan pompa air, serta edukasi pembuatan sanitasi air sederhana.

Teknik Sipil
Teknik Mesin
Agroteknologi
Agribisnis

Dengan materi-materi yang diberikan, diharapkan masyarakat Kampung Maibo Pantai dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang-bidang tersebut dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. PKM juga melibatkan aksi nyata dalam bentuk penanaman 500 pohon sebagai bentuk dukungan dalam menjaga keberlangsungan lingkungan di sekitar kampung. Dengan demikian, PKM diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi kehidupan masyarakat Kampung Maibo Pantai secara keseluruhan.

Ketua Panitia PKM
Perwakilan Dekan FTP
Perwakilan Kepala Kampung

Melalui kegiatan PKM ini, diharapkan bahwa masyarakat Kampung Maibo Pantai dapat merasakan manfaat yang positif dan berkelanjutan dalam kehidupan mereka. Selain itu, PKM juga menjadi wujud nyata dari tanggung jawab sosial akademisi dan mahasiswa dalam memberikan kontribusi bagi masyarakat. Dengan demikian, diharapkan kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan dan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat dan institusi pendidikan lainnya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DAFTAR PMB
Selamat datang di situs resmi Universitas Nani Bili Nusantara Sorong.

Telah dibuka
Pendaftaran mahasiswa baru
Tahun Akademik 2024/2025

Tersedia beasiswa KIP & UKT
Yuk, Segera daftarkan diri anda.